Pengertian Umroh, Hukum, Syarat, dan Rukun, Serta Wajib Umroh

 105 total views,  1 views today

Jamaah Umroh Samira TravelPada kesempatan kali ini, Samira Travel Umroh ingin menyampaikan informasi perihal Pengertian Umroh, Hukum, Syarat, dan Rukun Serta Wajib Umroh, mengingat masih banyak jamaah yang belum memahami bahkan mengetahui apa itu umroh, apa syarat-syarat umroh itu, wajib umroh, dan juga rukunnya.

PENGERTIAN UMROH

Umrah (Arab: عمرة‎) adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Hampir mirip dengan ibadah haji, ibadah ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram.

Dari segi bahasa, Pengertian Umroh ialah berkunjung/berziarah. Artinya, umroh ini dapat juga dikatakan bahwa umroh ialah suatu perbuatan menyengaja dengan mendatangi tempat yang biasa selalu dikunjungi. Hal ini tersebut karena umroh boleh untuk dilakukan kapan pun (tanpa terikat waktu, seperti halnya ibadah haji yang hanya dilakukan pada bulan Dzulhijjah saja setiap setahun sekali).

Sedangkan Pengertian Umroh secara syar’i dan terminologi fiqih, memiliki artian mengunjungi kota Makkah untuk melaksanakan ibadah (seperti thawaf dan sa’i) dengan melakukan tata cara tertentu. Atau istilah lainnya datang ke Baitullah untuk beribadah umroh dengan rukun rukun dan syarat syarat yang telah ditentukan.

DASAR HUKUM UMROH

Dasar dasar hukum umroh sendiri menurut Al Qur’an dan Hadits adalah sebagai berikut :

Al Quran Surah Al Baqarah Ayat 196

Allah SWT berfirman:

وَاَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلّٰهِ

“Dan sempurnakanlah ibadah haji san umroh karena Allah” (Al Baqarah : 196)

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *